KKN UNDIP Lakukan Pembinaan Laporan Keuangan Sederhana untuk UMKM Desa Batursari Menggunakan Aplikasi Akuntansi UKM

 

Ditengah masa pandemi ini semua orang diminimalisir untuk tidak melakukan kegiatan diluar rumah maka dari itu banyak sekali umkm yang mengalami penurunan pendapatan. Selain hal tersebut banyak umkm tidak melakukan pembukuan laporan keuangan, maka dari itu Efarani Cahya Puspita, mahasiswa Universitas Diponegoro Jurusan Administrsi Bisnis berinisiatif untuk mengajarkan dan membimbing UKM dalam melakukan pembukuan keuangan sederhana melalui aplikasi Laporan keuangan itu catatan informasi penting mengenai keuangan yang ada pada umkm serta dapat menggambarkan suatu kinerja usaha yang sedang berjalan. Pendampingan pembukuan laporan keuangan yang dilakukan oleh mahasiswa kepada pelaku usaha itu berada di Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak, Senin (3/8/20). Mahasiswa Universitas Diponegoro yang sedang melakukan KKN di Desa Batursari membuat program pelatihan ini bermaksud untuk dapat membantu para pelaku usaha dalam melakukan pembukuan laporan keuangan yang baik dan benar secara sederhana. Selain itu dapat memudahkan para pelaku usaha mengetahui besar kecilnya keuntunggan maupun kerugian yang telah didapatkannya.

Beberapa umkm yang bersedia didampingi dan dibantu melakukan dan memahami seberapa pentingnya laporankeuangan. Mahasiswa melakukan tindakan seperti ini sebab ingin meminimalisir terjadinya penggerembolan yang terjadi di Desa Batursari. Selain itu, tindakan ini dilakukan untuk lebih memudahkan antara mahasiswa dan pelaku bisnis dalam menjalankan pendampingan laporan keuangan dan dapat lebih fokus untuk mengajarkannya.

Pelatihan laporan keuangan ini dilakukan melalui aplikasi yang berada di android yaitu aplikasi Akuntansi UKM yang dapat di download secara gratis melalui google playstore. Mahasiswa mengambil aplikasi ini untuk pendampingannya karena  aplikasi ini mudah digunakan dan lengkap karena tinggal memasukan data yang sudah tersedia ke fitur jurnal kemudian pilih tanda plus dan tulis sesuai data maka aplikasi ini sudah dapat membuat berbagai macam laporan keuangan. 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan