MAHASISWA KKN UNDIP AJAK WARGA UNTUK MEMBUAT JELLY WORTEL

Batursari, Demak- Jumlah masyarakat yang terjangkit virus covid 19 terus meningkat. Masyarakat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Zat-zat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan sangat diperlukan tubuh pada saat pandemi covid 19 seperti saat ini. Oleh karena itu, perlu menggalakan gerakan mengkonsumsi sayuran seperti yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Semarang tahun 2020 yaitu Aprilia Anissa Zurmanida dibawah bimbingan bapak Ns. Muhamad Rofii., S.Kp., M.Kep

dengan memberikan pelatihan cara pembuatan cemilan sehat jelly wortel kepada ibu-ibu di lingkungan RT 09/RW 15, Desa Batursari.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan mahasiswa di lingkungan RT 09/RW 15 sebelumnya, kebanyakan ibu-ibu yang hanya mengetahui cara pengolahan sayuran dengan cara ditumis atau direbus . Selain itu, pada saat dilakukan survei beberapa anak-anak yang tidak suka dengan sayuran. Untuk itu, mahasiswa yang sering dipanggil April mengajak ibu-ibu untuk mengikuti kegiatan pelatihan cara pembuatan cemilan sehat jelly wortel. Sayuran yang digunakan pada pelatihan ini adalah wortel. Sayuran wortel memiliki manfaat yang baik bagi tubuh di saat pandemi covid 19 seperti saat ini.

Jelly wortel merupakan salah satu contoh produk makanan jelly sayuran yang bahan baku utamanya dari sayuran diolah bersama dengan jelly powder, sehingga menjadi jelly wortel. Bahan-bahan pembuatan makanan jelly sayuran terdiri dari sayuran wortel, jelly powder dan gula pasir. Pembuatan jelly wortel terdapat perbandingan antara air dan sari wortel 1:1. Sayuran wortel memiliki kandungan yang terdiri dari vitamin A, polifenol, flavanoid dan betakaroten. Senyawa polifenol, flavanoid dan betakaroten yang terkandung dalam wortel merupakan senyawa yang dapat membentuk antioksidan. Fungsi dari antioksidan untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh manusia. Jelly powder yang diolah dengan sayuran wortel memiliki manfaat untuk pencernaan

Pelatihan ini dilakukan dengan cara mahasiswa terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu dengan memberikan contoh produk yang akan dibuat, leaflet dan video cara pembuatan. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pada 3 Agustus 2020 ini dilakukan dengan ibu-ibu yang berjumlah 6 orang, dalam pelatihan tetap mematuhi protokol kesehatan dan social distancing. Mereka praktek secara langsung mengikuti sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan dalam leaflet dan video. Ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini sangat bersemangat yang ditunjukkan dengan aktif bertanya mengenai pengolahan produk lain dengan menggunakan bahan baku sayuran.

Pelatihan yang dilakukan tidak ada satupun ibu-ibu yang gagal dalam pembuatan jelly wortel. Jelly wortel yang dihasilkan sangat baik, kenyal dan warna yang bagus. Ibu-ibu sangat puas melihat hasilnya yang dilakukan dengan mencoba produk cemilan sehat jelly wortel yang dibuat sendiri. “ Pembuatan cemilan sehat jelly wortel seperti ini sangat mudah, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya mudah didapatkan dan harganya terjangkau dan  pelatihan pembuatan makanan jelly sayuran ini dapat memberikan inovasi kepada saya dan ibu-ibu yang lain untuk dijadikan sebagai usaha minuman kekinian yang sehat dan dengan adanya pelatihan produk makanan ini dapat memberikan inovasi kepada saya dan ibu-ibu yang lain yang anaknya tidak suka atau bosan dengan sayuran” ujar Ika (salah satu peserta ).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan